Senin, 07 Januari 2013

Review 3.5


ANALISIS HARAPAN DAN PERSEPSI ANGGOTA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION) MANDIRI TEBING TINGGI
FREDYTIO ANDREAS NAPITUPULU 060502154 MANAJEMEN
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/17380

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan , maka disimpulkan sebagai berikut :

1. Adanya perbedaan antara harapan dan persepsi anggota terhadap Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai negatif pada setiap variabel kualitas pelayanan yang didapat dari menselisihkan mean harapan dan mean persepsi.
2. Harapan anggota terhadap kualitas pelayanan pada Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi melebihi persepsi. Hal ini ditunjukkan oleh mean harapan adalah 59,0842 dan mean persepsi adalah 56,5368. Artinya responden belum merasa puas dengan kualitas pelayanan pada Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi dan belum sesuai dengan harapan.
B. Saran
1. Sikap sopan terhadap setiap anggota merupakan salah variabel yang memiliki nilai harapan dan persepsi tertinggi. Ini menunjukkan bahwa di Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi sikap karyawan sangat menentukan maju mundurnya koperasi ini. Maka, kedepannya koperasi harus semakin menjaga dan meningkatkan sikap sopan dari karyawan dalam melayani anggota koperasi
2. Adanya nilai negatif dari harapan dengan persepsi pada setiap variabel kualitas pelayanan mengindikasikan harapan yang belum memenuhi persepsi konsumen pada Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi. Perbedaan terbesar terletak pada aspek adanya fasilitas pelengkap misalnya kamar mandi dan kantin (-0,7789) dan peralatan yang canggih digunakan dalam bekerja (-0,4631), kedua aspek tersebut dapat menjadi perhatian bagi pihak Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi untuk dapat memberikan kenyaman bagi anggota,
3. Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi harus lebih memperhatikan lagi kualitas pelayanan karena secara keseluruhan, harapan anggota pada Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi melebihi persepsi.

 DAFTAR PUSTAKA
Boyd, Harper W,dkk, 2000,Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta
Ginting, Paham, 2005, Pemasaran Pariwisata: Studi Empiris Tentang Kepuasan dan Kunjungan Berkelanjutan Pariwisata Sumatera Utara, USU Press, Medan.
Ginting, Paham dan Situmorang, 2008 Filsafat Ilmu dan Metode Riset, Terbitan Pertama, USU Press, Medan.
Kismono, Gugup, 2001,Bisnis Pengantar, Cetakan Pertama, Penerbit BPFE- Yogyakarta.
Keegan, Warren J, 2005,Manajemen Pemasaran Global, Edisi Enam, PT Indeks, Jakarta.
Lovelock dan Walker, 2001, Service Marketing: An Asia Pasific Perpective, Peason Education, Sydney.
Lopiyoadi, Rambat, 2003, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.
Moenir, H.A.S, 2004, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.
Ratminto dan Winarsih, 2005, Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Cetakan Pertama, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Simamora, Bilson, 2001, Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Yang Efektif dan Profitabel, Cetakan Pertama, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Keduabelas, Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandy, 2005, Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Banyumedia, Malang.
Wahyono, Teguh, 2008, Belajar Sendiri SPSS 16: Cara mudah dan Praktis Melakukan Analisis Statistik dengan Berbagai Model Analisis, Cetakan Pertama, PT Gramedia, Jakarta.
Febrianti dan Setiawan, 2007, Analisa Harapan dan Persepsi Konsumen Terhadap Dimensi Website Hotel Bintang Lima Di Surabaya, Jurnal Manajemen Perhotelan, Volume 3 no.2 September 2007.
Putri, Ananda , 2008, Analisa Harapan dan Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Warug Bakso Mas No Medan, Perpustakaan Ekonomi USU, Medan.(tidak dipublikasikan)
Tantrisna dan Prawitasari, 2006, Analisa Harapan dan Persepsi Penumpang Terhadap Kualitas Makanan Yang disediakan Maskapai Penerbangan Domestik Di Indonesia, Jurnal Manajemen Perhotelan, Volume 2 no.1 Maret 2006.
Aisyah mayasari/20211480

Tidak ada komentar:

Posting Komentar