ANALISIS HARAPAN DAN PERSEPSI ANGGOTA
TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION) MANDIRI
TEBING TINGGI
FREDYTIO
ANDREAS NAPITUPULU 060502154 MANAJEMEN
http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/17380
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan , maka disimpulkan sebagai berikut :
1. Adanya perbedaan antara harapan dan persepsi
anggota terhadap Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi.
Hal ini ditunjukkan oleh nilai negatif pada setiap variabel kualitas pelayanan
yang didapat dari menselisihkan mean harapan dan mean persepsi.
2. Harapan anggota terhadap kualitas pelayanan pada
Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi melebihi persepsi.
Hal ini ditunjukkan oleh mean harapan adalah 59,0842 dan mean persepsi
adalah 56,5368. Artinya responden belum merasa puas dengan kualitas pelayanan
pada Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi dan belum
sesuai dengan harapan.
B. Saran
1.
Sikap sopan terhadap setiap anggota merupakan salah variabel yang memiliki
nilai harapan dan persepsi tertinggi. Ini menunjukkan bahwa di Koperasi Kredit (Credit
Union)Mandiri Tebing Tinggi sikap karyawan sangat menentukan maju mundurnya
koperasi ini. Maka, kedepannya koperasi harus semakin menjaga dan meningkatkan
sikap sopan dari karyawan dalam melayani anggota koperasi
2. Adanya nilai negatif dari harapan dengan persepsi
pada setiap variabel kualitas pelayanan mengindikasikan harapan yang belum
memenuhi persepsi konsumen pada Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri
Tebing Tinggi. Perbedaan terbesar terletak pada aspek adanya fasilitas
pelengkap misalnya kamar mandi dan kantin (-0,7789) dan peralatan yang canggih
digunakan dalam bekerja (-0,4631), kedua aspek tersebut dapat menjadi perhatian
bagi pihak Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing Tinggi untuk
dapat memberikan kenyaman bagi anggota,
3. Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri Tebing
Tinggi harus lebih memperhatikan lagi kualitas pelayanan karena secara
keseluruhan, harapan anggota pada Koperasi Kredit (Credit Union)Mandiri
Tebing Tinggi melebihi persepsi.
DAFTAR PUSTAKA
Boyd, Harper
W,dkk, 2000,Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta
Ginting, Paham,
2005, Pemasaran Pariwisata: Studi Empiris Tentang Kepuasan dan Kunjungan
Berkelanjutan Pariwisata Sumatera Utara, USU Press, Medan.
Ginting, Paham dan
Situmorang, 2008 Filsafat Ilmu dan Metode Riset, Terbitan Pertama, USU
Press, Medan.
Kismono, Gugup,
2001,Bisnis Pengantar, Cetakan Pertama, Penerbit BPFE- Yogyakarta.
Keegan, Warren J,
2005,Manajemen Pemasaran Global, Edisi Enam, PT Indeks, Jakarta.
Lovelock dan
Walker, 2001, Service Marketing: An Asia Pasific Perpective,
Peason Education, Sydney.
Lopiyoadi, Rambat,
2003, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.
Moenir, H.A.S,
2004, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.
Ratminto dan
Winarsih, 2005, Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual Penerapan Citizen’s
Charter dan Standar Pelayanan Minimal, Cetakan Pertama, Pustaka
Pelajar, Yogyakarta.
Simamora, Bilson,
2001, Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Yang Efektif dan Profitabel,
Cetakan Pertama, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sugiyono, 2008, Metode
Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan
Keduabelas, Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandy,
2005, Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Banyumedia, Malang.
Wahyono, Teguh,
2008, Belajar Sendiri SPSS 16: Cara mudah dan Praktis Melakukan Analisis Statistik
dengan Berbagai Model Analisis, Cetakan Pertama, PT Gramedia, Jakarta.
Febrianti dan Setiawan, 2007, Analisa
Harapan dan Persepsi Konsumen Terhadap Dimensi Website Hotel Bintang Lima Di
Surabaya, Jurnal Manajemen Perhotelan, Volume 3 no.2 September 2007.
Putri, Ananda , 2008, Analisa Harapan dan Persepsi
Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Warug Bakso Mas No Medan, Perpustakaan
Ekonomi USU, Medan.(tidak dipublikasikan)
Tantrisna dan Prawitasari, 2006, Analisa Harapan
dan Persepsi Penumpang Terhadap Kualitas Makanan Yang disediakan Maskapai
Penerbangan Domestik Di Indonesia, Jurnal Manajemen Perhotelan, Volume 2
no.1 Maret 2006.
Aisyah
mayasari/20211480
Tidak ada komentar:
Posting Komentar